Lingkup AI (Artificial Intelligence) pada Aplikasi Komersial
AI juga memberikan konstribusi yang cukup besar di bidang
manajemen. Adanya sistem pendukung keputusan dan Sistem Informasi
Manajemen juga tidak terlepas dari andil AI. Makin pesatnya perkembangan
teknologi menyebabkan adanya perkembangan dan perluasan lingkup yang
membutuhkan kehadiran AI. Karakteristik ‘cerdas’ sudah mulai dibutuhkan
di berbagai disiplin ilmu dan teknologi. AI tidak hanya dominan di
bidang ilmu komputer (informatika), namun juga sudah merambah di
berbagai disiplin ilmu yang lain. Irisan antara psikologi dan AI
melahirkan sebuah area yang dikenal dengan nama cognition &
psycolinguistics. Irisan antara teknik elektro dengan AI melahirkan
berbagai ilmu, seperti: pengolahan citra, teori kendali, pengenalan pola
dan robotika.
Adanya irisan penggunaan AI di berbagai disiplin ilmu tersebut
menyebabkan cukup rumitnya untuk mengklasifikasikan AI menurut disiplin
ilmu yang menggunakannya. Untuk memudahkan hal tersebut, maka
pengklasifikasian lingkup AI didasarkan pada output yang diberikan,
yaitu pada aplikasi komersial (meskipun sebenarnya AI itu sendiri bukan
merupakan medan komersial).
Lingkup utama dalam kecerdasan
buatan adalah:
- Sistem Pakar (Expert System).
- Disini, komputer digunakan sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian, komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar.
- Pengolahan
Bahasa Alami (Natural Language Processing).
Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari. - Pengenalan
Ucapan (Speech Recognition).
Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara. - Robotika & Sistem Sensor (Robotics & Sensory Systems).
- Computer Vision, mencoba untuk dapat menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.
- Intelligent Computer-aided Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
- Game Playing.
Komentar
Posting Komentar