Kategori dan Jenis AI
- Menganalisis
Kemampuan yang pertama adalah
teknologi yang mampu menganalisis. Algoritma canggih yang digunakan dalam AI
membuat AI mampu menganalisis data yang dikumpulkannya. Kemampuan menganalisis
data ini bisa dilihat contohnya dalam prediksi aplikasi yang anda suka dalam
play store. Saran aplikasi yang muncul dalam akun play store anda merupakan
hasil analisis AI setelah mengumpulkan data aplikasi yang anda install, buka,
ataupun inginkan. Anda bisa menemukan contoh lainnya di aplikasi kalender
periode haid wanita. Di aplikasi tersebut, semakin lama anda menggunakan,
prediksi akan semakin tepat karena data yang dikumpulkan semakin banyak. Dalam
urusan bisnis skala besar, AI juga bisa digunakan dalam menganalisis prediksi
penjualan yang dilakukan oleh suatu perusahaan, tingkat konsumsi masyarakat,
bisa menganalisis tingkat keuntungan, dan masih banyak lainnya.
- Mengolah big data
Kemampuan selanjutnya ialah
teknologi yang mampu mengolah big data. Big data merupakan istilah yang
digunakan untuk menggambarkan data yang sangatlah besar. Data yang dimaksud
bisa data apa saja yang membanjiri suatu bisnis. Contohnya adalah instagram. Di
instagram akan ada banyak data masuk baik data pengguna, konten yang sering
dilihat, akun yang diikuti oleh pengguna, dan banyak data lainnya. Dengan
menggunakan kecerdasan buatan, para pemilik bisnis besar akan mendapatkan
kemudahan dan keuntungan dalam menentukan keputusan berbisnis selanjutnya. Anda
bisa melihat contoh penerapan artificial intelligence di instagram. Konten yang
anda lihat akan mempengaruhi konten yang muncul di halaman saran. Iklan yang
muncul pun akan berkaitan dengan konten atau akun yang sering anda lihat.
Intinya aktivitas anda di instagram akan direkam, dikumpulkan, dan diolah oleh
AI sehingga menghasilkan tampilan yang sesuai dengan minat dan kesenangan anda.
- Merespon dengan cepat
Kemampuan lain dari kecerdasan
buatan adalah mampu merespon dengan cepat. Contoh kemampuan merespon bisa anda
lihat di email balasan otomatis atau chatbot yang biasanya ada di situs
e-commerce. Saat anda tanya di chatbot, akan ada balasan cepat. Nah balasan
tersebut merupakan salah satu bentuk penggunaan AI. Adanya AI dengan respon
cepat ini lama kelamaan mampu menggantikan pekerjaan seorang customer service.
- Memperbaiki suatu dokumen dengan akurat
AI juga mampu memperbaiki suatu
dokumen dengan akurat. Saat ini banyak ditemui aplikasi atau situs yang bisa
mengetahui kesalahan penulisan maupun pengetikan suatu dokumen. Tidak hanya
menemukan kesalahan, perbaikan dokumen pun bisa dilakukan. Akan ada saran akan
kata yang tepat untuk menggantikan kata yang salah. Adanya AI ini tentu
mengancam keberadaan editor karena AI lebih teliti dibanding editor.
- Melakukan deeper personalization
Komentar
Posting Komentar